Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 22:11 WIB

UAE Ringkus Pembobol Komputer Asal Afrika

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 4 April 2017 | 12:15 WIB
UAE Ringkus Pembobol Komputer Asal Afrika
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Dubai - Jajaran kepolisian Dubai berhasil menangkap beberapa peretas yang kemudian memeras lima pejabat tinggi Gedung Putih lewat surat elektronik.

Seperti dilaporkan Associated Press Senin (3/4/2017), harian Uni Emirat Arab, Al Bayan mengabarkan kelompok peretas dari Afrika membobol email lima pejabat tinggi AS itu dan berhasil merampok sejumlah informasi sangat penting. "Mereka kemudian meminta sejumlah uang disertai ancaman lewat email," ujar Mayor Saud al-Khalidi, kepala divisi kriminal cyber di Dubai.

Para pembobol komputer yang berusia antara 24 dan 26 tahun, memiliki daftar jutaan akun bank. "Mereka juga membobol perangkat lunak dan aset jutaan dolar," tutur Mayor al-Khalidi menambahkan. Dalam kurun waktu dua jam, para penyelidik berhasil membongkar kelompok geng kriminal pembobol bank di sebuah apartemen di Kawasan Ajman dan menangkap tiga orang tersangka.

Kasus penangkapan ini, merupakan buntut dari penggrebekan yang dilancarkan Juli 2015 silam. Kementerian Dalam Negeri Uni Emirat Arab mengungkapkan dalam penggrebekan itu tiga warga Nigeria ditangkap. Para pejabat kepolisian Dubai, mengaku mereka mendapatkan informasi dari petugas keamanan di California.

Penangkapan tersebut dilakukan, setelah AS minta bantuan pihak Uni Emirat Arab yang menampung 4 ribu tentara AS yang akan menumpas gerombolan ISIS di kawasan Timur Tengah. Sejauh ini, belum ada penjelasan dari AS, namun Mayor Al-Khaidi menjelaskan, para tersangka pembobol komputer itu akan diserahkan ke pihak AS, untuk diadili.

Komentar

 
Embed Widget

x