Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 April 2017 | 06:35 WIB

Presiden China Akan Temui Donald Trump Pekan Depan

Oleh : Binar MP | Kamis, 30 Maret 2017 | 20:18 WIB
Presiden China Akan Temui Donald Trump Pekan Depan
(Foto: AP Photo)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - Otoritas di China pastikan bahwa Presiden Xi Jinping akan bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Florida pada pekan depan.

"Presiden Xi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Finlandia pada 4-6 April 2017 dan bertemu Trump di Florida pada 6-7 April 2017," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang, dalam konferensi pers di Beijing, Kamis (30/3/2017).

Kedua kepala negara tersebut telah dua kali melakukan percakapan via telepon dan tiga kali berkirim surat.

Pertemuan tersebut digelar di tengah perhatian media terhadap hubungan dagang di antara dua negara penguasa ekonomi dunia itu. China dan AS sama-sama menjadi mitra dagang terbesar.

Terkait isu perdagangan China-AS, Lu menjelaskan bahwa Beijing telah memperluas kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, mengatasi perbedaan pandangan tentang ekonomi dan perdagangan dengan tepat melalui dialog dan komunikasi, dan memastikan stabilitas pembangunan ekonomi dan hubungan dagang China-AS.

Ia menyebutkan bahwa volume perdagangan bilateral telah mencapai 519,6 miliar dolar AS pada tahun lalu.

"Hubungan ekonomi dan perdagangan China-AS saling menguntungkan dan kepentingan keduanya juga sangat terakomodasi," ujar Lu.

Mengenai kunjungan Presiden Xi ke Finlandia, dia mengemukakan bahwa Beijing menganggap pentingnya model kerja sama baru dengan salah satu negara di Uni Eropa itu pada masa-masa mendatang.

Finlandia merupakan salah satu negara Barat yang menjalin hubungan diplomatik dengan China dan salah satu negara yang menandatangani kesepakatan dagang dengan China.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x