Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 20:49 WIB

48 Orang Tewas Karena Banjir dan Longsor di Peru

Oleh : Binar MP | Kamis, 16 Maret 2017 | 17:05 WIB
48 Orang Tewas Karena Banjir dan Longsor di Peru
(Foto: istimewa)
facebook twitter


INILAHCOM, Lima - Sedikitnya 48 orang tewas karenalongsor dan banjir bandang yang terjadi di sejumalah wilayah di Peru.

Bencana ini disebut sebagai yang salah satu yang terburuk di Peru.

Banjir di negara Amerika Selatan ini disebabkan hujan yang terus turun sepanjang hari dan ditambah kondisi topografi di Peru.

Secara geografis, Peru dikelilingi Samudera Pasifik yang dingin di barat dan hutan Amazon dataran rendah di bagian timur. Bagian tengah negeri itu terdapat pegunungan Andes dengan ketinggian puncak sekitar 6.000 meter dan kawasan dataran tinggi antara 3.000 sampai 4.000 meter.

Banjir terburuk terjadi di bagian pusat dan utara negara itu, ditambah dengan musim hujan secara berturut-turut di daerah pusat dan timur. Hujan berlangsung secara intens.

Sementara itu, para pejabat menuding hujan tersebut terjadi akibat El Nino, pemanasan permukaan air di timur Pasifik. Akan tetapi tuduhan itu sangat kontradiktif di mana negara itu sedang berada dalam 'fase alami' di Pasifik, dengan iklim El Nino terbesar pada 2015/16, lalu disusul La Nina pada paruh kedua 2016.

Banjir ini terjadi setelah musim kering melanda di wilayah Andean-Amazon, dan sifat ekstrem cuaca di Peru. Kondisi ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi terhambat dan naiknya harga-harga pangan demikian lansir kantor berita Aljazeera.

 
x