Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 17:56 WIB

Pemimipin ISIS al-Baghdadi Kabur dari Mosul

Oleh : Binar MP | Kamis, 9 Maret 2017 | 16:17 WIB
Pemimipin ISIS al-Baghdadi Kabur dari Mosul
Pemimpin kelompok militan ISIS Abu Bakar al-Baghdadi - (theguardian)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington - Pejabat departemen pertahanan AS mengatakan bahwa pemimpin kelompok militan ISIS Abu Bakar al-Baghdadi telah kabur dari Mosul dan mendelegasikan komando tempurnya kepada para komandan lapangan ISIS.

Pejabat AS itu juga mengatakan, al-Baghdadi telah kabur sebelum pasukan Irak mengepung kota yang menjadi benteng besar terakhir ISIS di Irak itu.

"Dia ada di Mosul selama beberapa waktu sebelum ofensif (militer pasukan Irak). Kami tahu dia pernah ada di sana," kata sang pejabat kepada wartawan seperti dilansir AFP.

"Dia kabur sebelum kami mengepung Mosul dan Tal Afar," sambung dia merujuk sebuah kota di arah barat Mosul.

Menurut dia, al-Baghdadi menyerahkan sepenuhnya kepada komandan-komandan lapangan ISIS dalam mempertahankan Mosul.

Al-Baghdadi diburu berbagai kalangan, termasuk pasukan khusus AS, sedangkan pasukan koalisi anti-ISIS fokus mematikan para komandan lapangan ISIS.

Menurut sang pejabat, ISIS telah banyak kehilangan daerahnya baik di Irak maupun Suriah. Sejak musim panas 2014 kelompok militan ini telah kehilangan 65 persen wilayah yang dikuasainya.

Menurut sang pejabat, ISIS kini sudah tidak memiliki harapan untuk mempertahankan Mosul, bahkan Raqqa di Suriah.

"Mereka masih percaya bahwa mereka masih bisa berfungsi dan tetap berencana menjalankan fungsi negara semu yang berpusat di lembah Sungai Eufrat," kata dia.

 
x