Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 Juli 2017 | 07:43 WIB

Swedia Tambah Pasukan Militernya Hadapi Rusia

Oleh : Didi Prambadi | Jumat, 3 Maret 2017 | 14:14 WIB
Swedia Tambah Pasukan Militernya Hadapi Rusia
(Foto: foreignaffairs)
facebook twitter

INILAHCOM, Stockholm - Pemerintah Swedia menerbitkan peraturan baru yang mewajibkan warga berusia 18 tahun ke atas, baik lelaki maupun perempuan, menjadi personil militer.

Chicago Tribune melaporkan, peraturan baru tersebut diumumkan Kamis (2/3/2017), untuk mengaktifkan kembali wajib militer yang dihapus pada tahun 2010 silam. Dari 20 ribu pasukan Swedia, sekitar 1000 personil di antaranya tidak melakukan kewajibannya sebagai tentara. "Sedangkan tujuh ribu pasukan cadangan Swedia selalu mangkir dan tak pernah aktif," bunyi pernyataan resmi pemerintahan koalisi Sosial Demokrat dan Partai Hijau

Pemerintahan Perdana Menteri Stefan Lofven, menjelaskan, "Semua sukarelawan yang direkrut tidak dibekali keahlian militer. Karena itu mengaktifkan kembali jajaran militer sangat diperlukan," ujar PM Stefan Lofven.

Meski tak menyebut nama sebuah negara, namun Swedia ketar-ketir dengan meningkatnya kegiatan militer Rusia di negara-negara Baltic. Bahkan, Rusia dikabarkan membangun basis-basis militer di Kaliningrad, yang lokasinya di Laut Baltic, persis di seberang Swedia.

Rencana penambahan personil militer itu, setidaknya Swedia mampu menambah 4 ribu personil yang dapat dipanggil sewaktu-waktu setiap tahun. Kepala Staf Angkatan Darat Swedia, Micael Byden mengungkapkan pihaknya akan menambah anggaran sebesar US$718 juta untuk mendorong kemampuan militer Swedia di masa mendatang.

Tags

 
x