Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 Maret 2017 | 17:22 WIB
Hide Ads

Suriah Siap Rebut Kembali Kota Palmyra dari ISIS

Oleh : - | Kamis, 2 Maret 2017 | 12:01 WIB
Suriah Siap Rebut Kembali Kota Palmyra dari ISIS
facebook twitter

INILAHCOM, Damaskus - Pasukan militer Suriah telah memasuki Palmyra untuk kembali mendesak keberadaan militan kelompok ISIS di kota kuno itu.

BBC melaporkan, pasukan Suriah dan sekutu mereka yang didukung oleh serangan udara Rusia, telah berhasil merebut sebagian wilayah barat kota itu.

Kelompok militan ISIS merebut kemball Palmyra pada Desember lalu, setelah lepas ke tangan pemerintah Maret sebelumnya. Sebagian kota kuno yang merupakan situs arkeologi UNESCO itu telah dihancurkan oleh para militan ISIS.

Baku tembak sengit dilaporkan telah terjadi di kota bersejarah itu seiring meningkatnya serangan, demikian laporan Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), sebuah kelompok pemantau yang berbasis di London, Inggris.

Sementara itu, media yang dijalankan oleh gerakan Hizbullah Lebanon yang merupakan sekutu pemerintah Suriah mengatakan, sebelumnya bahwa pasukan pro-pemerintah telah mencapai benteng kuno, yang terletak di sebuah bukit yang menghadap reruntuhan terkenal peninggalan era-Romawi.

ISIS menguasai kawasan reruntuhan dan kota di dekatnya, yang dikenal secara lokal sebagai Tadmur, selama 10 bulan setelah merebutnya untuk pertama kalinya pada Mei 2015.

Mereka meledakkan kuil-kuil, menara kuburan dan 'Gerbang Kejayaan' dengan alasan semua kuil, bangunan, dan patung itu adalah berhala.

ISIS juga dilaporkan telah menghancurkan Kuil Bel --tempat kudus para dewa Palmyra-- yang merupakan salah satu bangunan keagamaan paling penting dari abad pertama di Timur.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x