Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 Juli 2017 | 23:38 WIB

Lawatan Enam Hari Kaisar Akihito ke Vietnam

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 1 Maret 2017 | 13:48 WIB
Lawatan Enam Hari Kaisar Akihito ke Vietnam
(Foto: dailymail)
facebook twitter

INILAHCOM, Hanoi - Untuk pertama kalinya Kaisar Jepang Akihito dan Ratu Michiko berkunjung ke Vietnam, Rabu (29/2/2017) untuk menjalin hubungan lebih erat dan menghapus luka Perang Dunia II.

Yahoo news mengabarkan, kunjungan Kaisar Akihito, merupakan kunjungan raja Jepang ke Vietnam yang tak pernah dilakukan kaisar Jepang lainnya. Selama enam hari lawatan resminya, Akihito, 83 akan bertemu dengan sejumlah janda dan keluarga veteran Perang Jepang. Para janda dan keluarganya mengalami diskriminasi, karena menikah dengan tentara Jepang.

Tentara Jepang memberi bantuan militer ke Pemerintahan Ho Chi Minh untuk melawan penjajah Prancis. Setelah berhasil menyingkirkan pemerintah kolonialis Prancis, 1954, sebagian besar tentara Jepang tewas akibat penyakit menular dan sebab lain. Sisa tentara Jepang meninggalkan Vietnam pada tahun 1960.

Kini, Jepang menjadi negara donor dan salah satu investor terbesar bagi Vietnam. Kedua negara - yang sama-sama terlibat konflik laut dengan China - juga menjalin kerjasama militer dan keamanan. Kungjungan Kaisar Akihito ini, dilakukan menyusul kunjungan PM Jepang Shinzo Abe Januari silam.

"Kunjungan kenegaraan oleh Kaisar dan Permaisuri Jepang ke Vietnam ini menjadi simbol penting. Merupakan batu loncatan bersejarah dan kerjasama antara kedua negara," bunyi pernyataan resmi Pemerintah Vietnam yang kini dipimpin Presiden Tran Dai Quang. "Kunjungan ini juga menunjukkan perhatian Pemerintah Jepang terhadap negara dan rakyat Vietnam," lanjut pernyataan resmi tersebut.

Dalam lawatannya selama enam hari ini, Kaisar Akihito bersama Permaisuri Michiko akan bertemu dengan sejumlah pejabat tinggi Vietnam. Selain itu, kedua tamu negara itu juga mengunjungi ibukota tua Hue, sebelum akirnya terbang mengunjungi Thailand untuk menghormati mendiang Raja Thailand Bhumibol Adulyadej, yang wafat Oktober lalu, dan bertemu dengan Raja Maha Vajiralongkorn, sebelum bertolak kembali ke Jepang.

 
x