Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 08:17 WIB

Wapres Venezuela Dijatuhi Sanksi Ekonomi AS

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 14 Februari 2017 | 13:41 WIB
Wapres Venezuela Dijatuhi Sanksi Ekonomi AS
(Foto: foxnews)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington DC - Pemerintahan Presiden Donald Trump menjatuhkan sanksi kepada Wakil Presiden Venezuela Tareck El Aissami Senin (13/2/2017) karena terlibat dalam jaringan perdagangan narkoba internasional.

Fox News mengabarkan, selain Tareek el Aissami, Pemerintah AS juga menjatuhkan sanksi kepada Samark Lopez, pengusaha Venezuela yang diyakini sebagai tangan kanan Tareck El Aissami. Beberapa tindakan yang diambil AS seiring dengan sanksi tersebut di antaranya, membekukan kegiatan 13 perusahaan milik Lopez. Termasuk lima di antaranya di Florida. Tareck el Aissami dan Lopez dilarang masuk ke kawasan AS.

Langkah ini diambil AS setelah 34 anggota parlemen dari Republik dan Demokrat mengirim surat kepada Presiden Trump. Para anggota legislatif AS itu meminta Trump menekan pemerintahan sosialis Venezuela yang dinilai melakukan pelanggaran hak asasi manusia. Dalam surat itu disebutkan pula bahwa Tareck El Aissami berhubungan dengan kelompok Hizbollah.

Tareck El Aissami, 42, menjadi target penegak hukum AS sejak beberapa tahun lalu. Sewaktu menjabat sebagai menteri dalam negeri Venezuela, dituduh meloloskan belasan paspor ke sejumlah warga Timur Tengah, termasuk anggota Hizbollah. El Aissami juga ditakuti para tokoh oposisi, karena kedekatannya dengan badan intelijen Venezuela.

Sejak diangkat menjadi wakil presiden, El Aissami dipercaya memegang kendali unit 'Komando Anti Kudeta' oleh Presiden Nicolas Maduro. Badan pemerintah ini diduga keras memburu tokoh-tokoh oposisi dan pejabat Venezuela yang dituduh berkhianat.

Tags

Komentar

 
x