Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 21:23 WIB

PM Jepang: Uji Coba Rudal Korut Tak Bisa Diterima

Oleh : - | Senin, 13 Februari 2017 | 00:11 WIB
PM Jepang: Uji Coba Rudal Korut Tak Bisa Diterima
(Associated Press)
facebook twitter

INILAHCOM, Florida - Uji coba peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara sungguh merupakan tindakan yang tidak dapat diterima, demikian dikatakan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam jumpa pers bersama dengan Presiden AS Donald Trump di Florida, Minggu (12/2/2017).

Korea Utara meluncurkan misil ke lepas pantai pesisir timur wilayahnya pada Minggu pagi waktu setempat, menurut pihak militer Korea Selatan, sebagai pelontaran pertama sejak Trump menjabat Presiden AS.

Uji coba itu dilakukan sehari setelah Abe mengadakan pertemuan puncak dengan Trump dimana pada saat itu Trump menegaskan komitmen AS untuk keamanan Jepang.

Pihak Pentagon mengatakan misil yang dilontarkan adalah peluru kendali jarak menengah.

"Sistem komando Strategis AS melacak sesuatu yang kami ketahui sebagai peluncuran roket oleh Korea Utara pada Minggu subuh," demikian pernyataan Pentagon seperti dilansir Reuters.

Pelontaran rudal jarak-menengah terjadi di sebelah barat laut Kota Kusong. Roket itu terlacak dari Korea Utara menuju Laut Jepang.

Peluncuran rudal tersebut memang tidak pernah mengancam Amerika Utara, tetapi tidak menjelaskan apakah peluncuran itu berhasil atau gagal.

Pentagon menjelaskan bahwa militer AS akan tetap waspada menghadapi provokasi dari Korea Utara dan berjanji sepenuhnya untuk bekerja sama erat dengan sekutu-sekutunya seperti Korea Selatan dan Jepang dalam menjaga keamanan.

Komentar

 
Embed Widget

x