Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 08:23 WIB

Kasus Bunuh Diri Imigran Remaja di Swedia Naik

Oleh : Binar MP | Kamis, 9 Februari 2017 | 18:49 WIB
Kasus Bunuh Diri Imigran Remaja di Swedia Naik
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Stockholm - Kasus bunuh diri di kalangan imigran remaja Afghanistan di Swedia meningkat setelah negara itu memperkenalkan aturan suaka lebih ketat.

Aturan tersebut telah memicu kekhawatiran di antara pekerja pengungsi dan sukarelawan, ungkap mereka pada Rabu (8/2/2017) seperti dilansir AFP.

Dalam dua pekan terakhir, tujuh pencari suaka, yang semuanya anak-anak tak berpendamping, mencoba bunuh diri di posko pengungsian berbeda di seluruh Swedia.

Tiga di antaranya tewas, yang semuanya adalah remaja Afghanistan berusia di bawah 18 tahun, ungkap Mahboba Madadi, yang bekerja dengan sebuah kelompok nirlaba.

"Mereka takut diusir atau merasa putus asa," ujar Madadi.

Dalam sebuah penilaian keamanan yang dipublikasikan pada Desember, Badan Keimigrasian Swedia menganggap bahwa beberapa wilayah Afghanistan 'tidak begitu berbahaya' meski terdapat 'lonjakan aksi kekerasan' di negara itu.

Penilaian tersebut memudahkan otoritas untuk memulangkan pencari suaka yang ditolak ke Afghanistan.

"Ada beberapa bagian wilayah Afghanistan yang bisa menjadi tempat pulang bagi imigran," ujar juru bicara Badan Keimigrasian Swedia.

Pihak imigrasi itu juga mengatakan bahwa pencari suaka yang ditolak dan berusia di bawah 18 tahun tidak akan dipulangkan ke Afghanistan jika mereka tidak memiliki anggota keluarga atau kerabat untuk menjaga mereka.

 
x