Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 20:37 WIB

Serangan Militer AS ke Yaman, Ternyata Video Lama

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 4 Februari 2017 | 10:51 WIB
Serangan Militer AS ke Yaman, Ternyata Video Lama
(Foto: Ap)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington - Pentagon menurunkan rekaman video serangan udara ke Yaman yang diperintahkan pertama kali oleh Presiden Trump selaku panglima tertinggi militer AS.

Buzzfeed.com melaporkan Jumat (3/2/2017), video yang menggambarkan keberhasilan pesawat militer AS itu ternyata rekaman operasi militer tahun 2007. Bahkan, video berdurasi dua menit yang menunjukkan seorang bersorban menuturkan cara membuat bom menggunakan bahan kimia, itu telah diputar berulang kali.

Menurut Buzzfeed.com, penyiaran video itu cukup memalukan, karena disebut sebagai serangan pertama militer AS setelah Presiden Donald Trump menjadi panglima tertinggi militer AS. Bahkan video itu mengundang kontroversi, karena dikabarkan banyak anak-anak sipil jadi korban, dan pejuang wanita ISIS berhasil ditaklukkan oleh anggota tim elite Seal Team 6, selama pertempuran satu jam.

Belum ada penjelasan resmi dari Gedung Putih mengenai kekeliruan ini. Namun kasus ini muncul setelah Pemerintahan Presiden Trump tengah diterpa berita keliru atau tidak akurat. Pentagon akhirnya membatalkan acara penjelasan serangan itu secara detil, yang sedianya digelar pukul 14.00 waktu setempat.

Sementara itu, sejam sebelumnya, Pusat Komando AS yang bertanggung jawab atas serangan tersebut, menjelaskan bahwa video itu adalah sebagian materi yang diambil dalam serangan tahun 2007. "Video itu merupakan salah satu contoh dari informasi serangan Al Qaida yang diperoleh selama operasi," tutur Kolonel John J. Thomas, jurubicara Pusat Komando AS.

Tags

 
x