Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 00:44 WIB

12 Miliar Terkumpul untuk Bangun Masjid Texas

Oleh : Binar MP | Rabu, 1 Februari 2017 | 02:37 WIB
12 Miliar Terkumpul untuk Bangun Masjid Texas
(Foto: Ana Ramirez/The Victoria Advocate)
facebook twitter

INILAHCOM, Houston - Lebih dari US$900 ribu atau sekitar Rp12 miliar terkumpul melalui penggalangan dana online untuk membangun kembali sebuah masjid yang hancur akibat terbakar di Victoria, Texas, AS.

Perolehan ini melebihi jumlah yang dibutuhkan, demikian menurut laman GoFundMe, situs penggalangan dana online.

Laman GoFundMe untuk Victoria Islamic Center menerima donasi lebih dari 19 ribu orang hanya dua hari setelah masjid yang terletak 200 kilometer di barat daya Kota Houston itu dilalap api pada Sabtu pagi (28/1/2017) waktu setempat.

Menanggapi hal ini, Presiden Victoria Islamic Centre, Shahid Hashmi, menyampaikan rasa terima kasih kepada warga AS yang telah membantu.

"Ini benar-benar luar biasa. Kami sangat berterima kasih. Orang Muslim yang berada di Houston dan Dallas empat jam jauhnya dari lokasi kami ikut menunjukkan kepedulian. Ini benar-benar menghangatkan hati. Semuanya sangat baik," kata Hashmi seperti dilansir laman Raw Story.

Pada kesempatan tersebut, Hashmi mengatakan bahwa dirinya berharap pelaku pembakaran segera ditemukan. Namun dia juga berharap pelaku bukanlah seseorang yang memendam benci terhadap Islam.

"Saya berharap ini bukan kejahatan rasial," tutur Hashmi.

Meski masih belum jelas apakah masjid dibakar dengan sengaja, John Esposito dari Bridge Initiative, sebuah proyek penelitian tentang studi akademis Islamophobia, menjelaskan bahwa kejahatan kebencian meningkat sejak pelantikan Trump.

"Beberapa kejahatan rasial menargetkan Muslim tampaknya terinspirasi dari presiden baru. Berdasarkan angka kejahatan rasial yang diperoleh, meski tidak semuanya, orang-orang tersebut menggunakan kata-kata Trump sebagai pembelaan," ungkap Esposito.

Peristiwa kebakaran itu terjadi hanya selang sepekan usai Donald Trump dilantik jadi Presiden AS yang baru. Tidak diketahui penyebab datangnya api, namun beruntungnya tidak ada korban jiwa atau terluka dalam insiden ini.

Komentar

 
x