Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 Maret 2017 | 17:16 WIB
Hide Ads

Bos Samsung Jadi Tersangka Kasus Skandal Korsel

Oleh : Binar MP | Kamis, 12 Januari 2017 | 00:00 WIB
Bos Samsung Jadi Tersangka Kasus Skandal Korsel
Pimpinan Samsung Group Jay Y. Lee - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Seoul - Jaksa penuntut khusus Korea Selatan memanggil pimpinan Samsung Group, Jay Y. Lee, sebagai tersangka dalam kasus mempengaruhi suara parlemen hingga berujung pada pemakzulan Presiden Park Geun-hye

Reuters melaporkan, jaksa mencari bagaimana pembayaran Samsung sebesar US$25 juta untuk bisnis dan yayasan yang didukung oleh teman Park, Choi Soon-sil, berkaitan dengan keputusan dinas pensiun nasional pada 2015 untuk mendukung merger dua grup.

Samsung diketahui berkontribusi pada dua yayasan, juga perusahaan konsultan yang diatur oleh Choi. Persidangan pekan ini memanggil dua pejabat senior Samsung Group untuk ditanyai sebagai saksi.

Lee Kyu-chul, juru bicara tim jaksa, menyatakan pimpinan Samsung itu dipanggil pada pukul 09.30 pagi pada Selasa (10/1/2017) waktu setempat atas dugaan suap, namun tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Semua kemungkinan terbuka," kata Lee Kyu-chul, ketika ditanya apakah tim akan memerintahkan penangkapan Lee.

Juru bicara Samsung menolak berkomentar.

Park berpeluang menjadi pemimpin Korsel yang terpilih secara demokratis pertama yang meninggalkan kantor setelah pemungutan suara untuk memakzulkan presiden karena skandal korupsi.

Pemakzulan akan disahkan atau dibatalkan Mahkamah Konstitusi.

Kepala Dinas Pensiun Nasional Moon Hyung-pyo ditangkap Desember lalu setelah diketahui menekan biaya merger Samsung C&T Corp dan Cheil Industries Inc pada 2015 ketika ia menjabat sebagai menteri kesehatan.

Park menjelaskan hal itu sebagai kebijakan demi kepentingan negara.

Lee, 48, membantah tuduhan suap saat rapat dengar parlemen pada Desember, menolak pernyataan anggota parlemen bahwa Samsung melobi untuk mendapatkan dana demi memilih merger itu.

Jaksa menyatakan mereka mencari bukti apakah Lee memberikan kesaksian palsu saat rapat dengar parlemen itu.

"Jaksa butuh Samsung membuktikan potensi suap terhadap Presiden park Geun-hye," kata Shin Yul, profesor ilmu politik di Myongji University.

"Samsung yang membuat kontribusi terbesar di antara para konglomerat dan punya punya hubungan ekslusif dengan Choi Soon-sil, membeli kuda," kata Shin, merujuk pada dukungan perusahaan untuk karier berkuda putri Choi.

Anak Choi, Chung Yoo-ra, ditangkap di Denmark bulan ini setelah dicari oleh pejabat berwenang Korsel.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x