Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 April 2017 | 06:34 WIB

Tanggung Jawab Harus Menjadi Budaya

Oleh : - | Selasa, 3 Januari 2017 | 13:33 WIB
Tanggung Jawab Harus Menjadi Budaya
(Foto: istimewa)
facebook twitter

AKHIR 2016 lalu terjadi sebuah kejadian yang menghebohkan dunia transportasi, khususnya transportasi udara. Mr. T yang diketahui pilot sebuah maskapai penerbangan milik negara melakukan tindakan tidak professional, pria itu diduga mabuk sebelum menerbangkan pesawat. Hal tersebut menyebabkan seluruh penumpang yang hendak terbang panik dan khawatir.

Imbas dari kejadian tersebut menyebabkan CEO dari maskapai penerbangan tersebut mengundurkan diri dari jabatannya, sebagai bentuk tanggung jawab. Sesuai dengan pernyataannya, pengunduran diri itu murni untuk pertanggung jawabannya atas kejadian tersebut, bukan karena adanya tekanan dari pihak tertentu. Walaupun banyak juga yang berpendapat lain, tapi apapun alasannya sikap professional tersebut harus diapresiasi.

Sikap professional itu patut dicontoh oleh seluruh masyarakat, tidak terkecuali pemerintah. Seperti yang diketahui, banyak jajaran pemerintah yang masih ngotot untuk mempertahankan jabatannya walaupun terlilit kasus seperti korupsi, penistaan agama dan lain-lain. Walaupun ada beberapa pejabat negara yang bersikap professional atas kesalahannya, salah satunya Andi Mallarangeng.

Selain kasus maskapai tersebut, banyak petinggi-petinggi perusahaan yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai bentuk tanggung jawab atas kesalahannya atau perusahaannya. Salah satu contohnya adalah Ariesman Widjaja, mantan presiden direktur Agung Podomoro yang mengundurkan diri setelah kasus penyuapan DPRD DKI.

Lebih uniknya lagi sikap professional itu dilakukan bukan karena kesalahannya, namun karena kesalahan pegawainya. Sudah semestinya kejadian tersebut menjadi cambuk untuk membudayakan sikap professional, bertanggung jawab dan tahu malu.

* Adri Muhammad, Kebayoran, Jakarta Selatan. (adrimuhammad14@yahoo.com)

Tag

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x