Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 29 Juni 2017 | 07:20 WIB

Otoritas Myanmar Tuduh Rohingya Sengaja Bakar Desa

Oleh : Binar MP | Jumat, 16 Desember 2016 | 17:17 WIB
Otoritas Myanmar Tuduh Rohingya Sengaja Bakar Desa
(Foto: independent)
facebook twitter

INILAHCOM, Rakhine - Direktur Pengawas Hak Asasi Manusia untuk Asia, Brad Adams, mengatakan bahawa Myanmar menolak disebut dalang hancurnya desa-desa di Rakhine.

Sebaliknya, pemerintah Myanmar malah menuduh bahwa penduduk Muslim Rohingya sendirilah yang membakar desa mereka.

November lalu, dalam sebuah konferensi pers pemerintah juga pernah membantah bahwa pasukannya bertanggung jawab atas pembakaran rumah-rumah di negara bagian Rakhine

Padahal, kata Adam, gambar satelit dan saksi mata menunjukkan para militer Myanmar berada di pos penjaga, selagi Desa Wa Peik, salah satu desa di negara bagian Rakhine, terbakar perlahan.

"Sulit dipercaya kalau arga Rohingya membakar lebih dari 300 bangunan di Wa Peik selama satu bulan sementara pasukan keamanan Myanmar hanya berdiri di sana dan menyaksikan," ujar Adam.

"Pejabat pemerintah Myanmar tertangkap basah citra satelit ini. Sudah waktunya mereka mengakui segala sanggahan mereka karena hal itu hanya memicu kurangnya kredibilitas," tambahnya.

Temuan Adam diungkapkan menyusul pernyataan petinggi militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, yang menyebut penduduk Rohingya sengaja membakar desa mereka untuk mendapatkan rumah baru, demikian seperti dilansir Independent.

 
x