Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 April 2017 | 06:33 WIB

Pertama Kalinya Jepang Kirim Pasukan Militer

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 22 November 2016 | 13:58 WIB
Pertama Kalinya Jepang Kirim Pasukan Militer
(Foto: The Associated Press)
facebook twitter

INILAHCOM, Tokyo - Untuk pertama kalinya, sejak 70 tahun, Jepang mengirimkan pasukan militer bersenjata yang diizinkan menggunakan senjata.

NPR.org mengabarkan Senin (21/11/2016), 130 personil militer Jepang dengan nama Pasukan Pertahanan Diri di Lapangan itu tiba di Juba, Sudan Selatan. Mereka termasuk bagian dari 350 pasukan militer, yang mengambil alih tugas pasukan penjaga perdamaian PBB, bulan depan.

Tim baru itu mengantongi mandat yang isinya: "Boleh menggunakan senjata untuk mempertahankan diri dan warga sipil. Termasuk pekerja sosial". Mereka akan bekejasama dengan pasukan perdamaian negara lain untuk mempertahankan kamp mereka selama menjalankan misinya enam bulan ke depan.

Seperti tugas pasukan perdamaian lainnya, tentara Jepang - yang kini tidak lagi disebut sebagai pasukan bela diri itu - akan memfokuskan diri pada pembangunan jalan dan infrastruktur.

Mandat yang diemban pasukan ini akhirnya disetujui tahun lalu, didukung PM Shinzo Abe, setelah melewati kontroversi panjang dengan kelompok anti-militerisme Jepang. Dalam Pasal 9 Konstitusi Jepang menyebutkan, "Rakyat Jepang tidak akan berperang untuk selama-lamanya sebagai hak kedaulatan bangsa. Penggunaan kekerasan dan militer hanya digunakan untuk menyelesaikan sengketa internasional."

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x