Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Januari 2019 | 09:18 WIB

Ratusan Pengungsi Hilang di Penampungan Jerman

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 3 November 2015 | 10:58 WIB

Berita Terkait

Ratusan Pengungsi Hilang di Penampungan Jerman
(Foto: dw)

INILAHCOM, Berlin - Ratusan pengungsi Arab tiba-tiba menghilang dari sejumlah tempat penampungan di Jerman.

Deutsche Welle mengabarkan Senin (2/11/2015), mereka meninggalkan petugas yang mengurus pengungsi, tanpa memberi tahu keberadaan mereka. Menurut survei yang dilakukan harian Neue Osnabrucker Zeitung, sekitar 700 orang dari 4 ribu pencari suaka yang ditempatkan di negara-negara bagian Utara Jerman hilang pekan lalu.

Hal yang sama juga terjadi di seluruh Jerman pada bulan September dan Oktober lalu. ''Kami tidak bisa berbuat apa-apa karena mereka bebas ke manapun,'' tutur Matthias Eichler, juru bicara kementerian dalam negeri Jerman.

Sementara itu, Jochen Oltmer, ahli imigran di Universitas Osnabruck memperingatkan, ''Peristiwa itu adalah indikasi bahwa Pemerintah Jerman kehilangan kontrol,'' katanya. Lebih lanjut Oltmer menjelaskan bahwa para pengungsi itu tidak meninggalkan pesan apapun, sehingga tidak jelas motivasi mereka meninggalkan pusat-pusat penampungan.

Ahli kaum migran mempertanyakan Pemerintah Jerman proses penanganan imigran. Sebab ada kabar, para pengungsi bingung dan tak mau tinggal di pedalaman Jerman. Mereka mencari sanak saudara atau pindah ke tempat penampungan lain bersama familinya.

Banyak pula di antara mereka yang meninggalkan tempat penampungan sebelum mendaftar. Sehingga mereka pun ditangkap polisi Jerman, karena tidak memiliki surat keterangan atau identitas apapun, dan dianggap sebagai imigran gelap. Proses pendaftaran pun banyak terhambat, karena petugas Jerman yang kewalahan mendata para imigrna yang tetap berdatangan setiap hari.

Untuk itu, Joseph Oltmer menyarankan, ''Pemerintah kembali melakukan pengawasan lagi dan memberi jaminan keamanan bagi para pengungsi, agar mereka tahu masa depan mereka. Beri juga penjelasan mengenai rencana penempatan dan pekerjaan bagi para imigran,'' tuturnya.

Komentar

Embed Widget
x